H Surya BSc: TP-PKK Asahan Merupakan Salah Satu Motor Penggerak Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa

Tim  Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kunjungan di Kabupaten Asahan. Tujuannya dalam rangka melakukan pembinaan kepada PKK tentang desa binaan, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (18/03/2020).

Dalam acara tersebut peserta yang hadir terlebih dahulu dilakukan  pemeriksaan suhu tubuh oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan. Hal itu  dilaksanakan untuk mengantisipasi dan memastikan  seluruh peserta bebas dari virus Corona.

Hj. Titiek Sugiharti Surya selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan dalam paparan materinya menyampaikan bahwa saat ini Desa binaan di Kabupaten Asahan ada ikut perlombaan pada tingkat Probinsi Sumatera Utara.

Lomba yang diikuti Desa Binaan Kabupaten Asahan tersebut antara lain lomba tertib administrasi Desa Rawang Pasar V Kecamatan Rawang Panca Arga, Lomba UP2K Desa Gedangan Kecamatan Pulau Bandring.

Kemudian lomba PAAR Desa Sei Kamah I Kecamatan Sei Dadap, lomba Hatinya PKK Desa Punggulan Kecamatan Air Joman, lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) Desa Aek Korsik Kecamatan Aek Ledong.

Selanjutnya lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Desa Suka  Makmur Kecamatan BP. Mandoge, lomba POSYANDU Desa Silo Maraja Kecamatan Setia Janji dan lomba KB-KES Desa Sengon Sari Kecamatan Aek Kuasan, terang Ny Titiek

Untuk itulah Ny Titiek berharap kepada tim supervisi Provinsi Sumatera Utara, kiranya dapat memberikan masukan dan saran kepada TP PKK Asahan.

” Kami siap untuk menerima saran. Karena kami di Kabupaten Asahan selalu mendukung dan siap  untuk dibina dan dibenahi demi kemajuan pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan” ucap Hj. Titiek.

Sementara itu ketua Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara, Ny. Teja Syaripuddin dalam bimbingannya  menyampaikan bahwa  tujuan pelaksanaan supervisi TP. PKK Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Asahan kali ini adalah untuk melaksanakan pembinaan.

Pembinaan yang diberikan kepada  TP PKK Kabupaten Asahan tentang  desa binaan yang mengikuti perlombakan ditingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2020.

Selain itu untuk menyamakan persepsi secara berjenjang antara Tim Penggerak PKK desa/ kelurahan, TP. PKK Kecamatan dan TP. PKK Kabupaten dalam rangka pelaksanaan desa binaan Kabupaten Asahan  sebagai mitra pemerintah untuk mengimplementasikan 10 (Sepuluh) program Pokok  PKK.

Ditempat yang sama  Bupati Asahan H. Surya yang diwakili Asisten Pemerintahan Drs. Jhon Hardi Nasution mengatakan bahwa gerakan PKK yang dilaksanakan selama mempunyai tujuan untuk mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera melalui pelaksanaan program pokok PKK.

Oleh karena itu, melalui pembinaan desa gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan setiap keluarga menuju masyarakat yang maju dan mandiri guna mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Tim penggerak PKK adalah merupakan salah satu motor penggerak untuk pemberdayaan masyarakat.

Sebagai upaya menjalankan segala program terbaiknya untuk mewujudkan keluarga sejahtera, tetapi dalam pelaksanaan pembinaannya terkadang masih ada kelemahan dan kekurangannya.

“Untuk itulah saya harap seluruh pihak, baik itu OPD, Camat, Kepala desa/Lurah dan unsur lapisan masyarakat lainnya agar senantiasa selalu dapat bekerjasama dalam mewujudkan desa binaan sebagai desa percontohan yang unggul” harapan Jhon Hardi.

Disamping itu saya berharap dengan kehadiran tim supervisi Provinsi di Kabupaten Asahan hari ini dapat menambah motivasi dan semangat bagi kami PKK Kabupaten Asahan dalam meningkatkan semangat membangun Desa dalam mewujudkan Visi Kabupaten Asahan yaitu terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri

“ Saya minta agar TP. PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi PKK, Baik itu yang ada di kelompok dusun dan kelompok Dasawisma.

Karena di Kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK, sebab mereka berada di garda terdepan yang berhadapan langsung dengan Keluarga yang menjadi sasaran binaannya” ungkap Jhon Hardi.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara diketuai Ny. Teja Syaripuddin beserta rombongan, Bupati Asahan diwakili Asisten I Pemerintahan, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dan pengurus PKK Asahan, Kepala Bapemas dan Pemdes, OPD, para Camat beserta Ketua TP. PKK Kecamatan se- Kabupaten Asahan.