Serahkan 15.000 Bibit, Bupati dan Ketua PKK Asahan Galakkan Gertam Cabai

Asahan-Metrolangkat.com


Guna mengoptimalisasikan lahan perkarangan rumah warga, baik yang ada disekitar wilayah pedesaan maupun perkotaan. Bupati Asahan H.Surya bersama Ketua TP PKK galakkan kembali gerakan tanam (Gertam) cabai.

Tujuannya adalah sebagai upaya untuk memasyarakatkan dan optimalisasikan lahan pekarangan rumah dalam memproduksi akan kebutuhan ekonomi berupa pangan.

Penyampaian itu dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Amir Husin Siregar,(8/7/2020) di Dusun III Desa Taman Sari Kecamatan Pulo Banding.


Husien mengatakan bahwa gertam cabai upaya untuk mengatasi adanya lonjakan harga pangan, khususnya cabai. Karena menanam cabai disetiap pekarangan rumah sudah tentu akan mampu membantu meringankan beban ekonomi pangan masyarakat.

" Sekali lagi saya sampaikan apresiasi kepada warga.yang telah memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanam cabai" ujar Husien.

Sementara itu Bupati Asahan H.Surya diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bambang Hadi Suprapto menyampaikan bahwa gertam cabai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga.

Maka untuk itu, Kita perlu mengembangkan program optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah.Sekaligus memberdayakan kelompok wanita dan keluarga agar dapat memproduksi berbagai jenis pangan di pekarangan seperti tanaman sayur dan buah,sebut Bambang

Jika hal itu dapat dilakukan, maka fluktuasi harga cabai yang hampir terjadi setiap tahun dapat ditekan. Untuk itu penanaman cabai menjadi salah satu solusi dalam penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga.

"Artinya Gertam cabai adalah upaya Pemkab Asahan untuk mengajak masyarakat supaya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri. Selain itu gerakkan tanam cabai suatu terobosan untuk mengatasi permasalahan fluktuasi harga cabai yang sering diresahaka  para emak-emak dipasar penjualan"

Masih disebutkan Bambang, marilah kita sukseskan gerakan tanam cabai di Kabupaten Asahan ini. Pemkab Asahan dan TP PKK Kecamatan, akan menganjurkan setia keluarga untuk menanam 20 batang pohon cabai di perkarangan rumah,ucap Bambang mengakhiri sambutannya.


Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Asahan  menyerahkan sebanyak 15.000 bibit cabai secara simbolis, Kartu Identitas Anak (KIA), bibit pisang barangan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)..(Depram)

 

sumber: https://www.metrolangkat-binjai.com/2020/07/serahkan-15000-bibit-bupati-dan-ketua.html